Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Jagung memiliki nama ilmiah zea mays ssp mays yang termasuk ke dalam salah satu golongan familia Foaceae. Jagung sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yang hampir setara dengan kandungan karbohidrat pada nasi. Makanya jagung sendiri sering digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Terbukti bahwa di Amerika Selatan dan Amerika Tengah juga di Afrika serta beberapa daerah di Indonesia telah menggunakan bulir jagung sebagai makan pokok.

Selain digunakan untuk bahan makanan pokok, jagung juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan tepung maizena, pembuatan gula rendah kalori dan merupakan sumber minyak pangan. Jagung juga sering digunakan untuk keperluan industri kosmetik, industri farmasi dan industri kimia. Tanaman jagung sendiri, di perkirakan masuk ke Nusantara pada abad ke-16 yang dibawa oleh bangsa Portugis.

Baca Juga : Khasiat Tanaman Calincing Bagi Kesehatan Tubuh

Nama jagung diambil dari pengadaptasian bahasa Portugis dari kata “Milho” yang berarti “Jagung”. Tanaman semusim ini (annual) akan menghasilkan buah sekitar 3-5 bulan setelah proses penanaman. Jarak umur kehidupan tanaman jagung memanglah singkat, sehingga timbulah istilah “seumur jagung”. Yang menggambarkan ukuran waktu yang begitu singkat dan sebentar. Tanaman berbatang semu ini memiliki ukuran ketinggian yang bisa mencapai 2-2,5 meter.

Tanaman jagung juga memiliki tangkai batang yang meruas dengan ukuran sekitar 20 cm per setiap ruasnya. Daunnya sendiri membentuk pelepah yang melekat pada batang, sehingga helaian daun pada jagung tidak memiliki tangkai. Panjang helaian daun jagung tersebut bisa mencapai 120 cm dengan lebar hanya berkisar 9 cm. Sebagai tanaman yang memiliki biji monokotil, jagung juga memiliki akar serabut yang memiliki kedalaman tidak lebih dari 80 cm.

Jagung sendiri memiliki sifat beradaptasi dengan lingkungan yang sangat baik, karena tanaman ini memiliki plastisitas fenotipe. Jadi saat jagung mengalami kekeringan maka ia akan mengerutkan sel-sel kipasnya untuk menutupi lubang stomata yang berfungsi untuk mengurangi penguapan pada daun tersebut. Adapun kandungan gizi di dalam buah jagung ialah karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, zat besi, mineral, fosfor, energi, karoten, magnesium, vitamin A, B1, C, omega 6 serta lemak tak jenuh yang baik sekali untuk menurunkan kolesterol.

Kandungan serat yang baik dapat dihasilkan dengan cara kita mengonsumsi jagung secara utuh tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Adapaun manfaat jagung untuk kesehatan tubuh ialah dapat membantu :

Beberapa Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Mencegah penyakit kardiovaskular
  3. Mencegah diabetes
  4. Meningkatkan kesehatan fungsi saluran cerna
  5. Mencegah anemia
  6. Meningkatkan energi di dalam tubuh
  7. Menjaga kesehatan mata
  8. Mencegah penyakit kanker dan wasir
  9. Menjaga kesehatan kulit, organ hati, lambung, saraf kognitif serta rambut
  10. Menguatkan jaringan ikat
  11. Menghalau radikal bebas, serta
  12. Membantu menurunkan berat badan.

Demikianlah silsilah dari tanaman jagung yang telah lama dikenal mengandung khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Sumber : http://www.gayahidupsehatmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.