Obat Bekas Luka dari Balsam

Obat Bekas Luka dari Balsam

Obat Bekas Luka dari Balsem

Balsam merupakan suatu tanaman yang memiliki nama ilmiah Myroxylon Pereirae yang termasuk ke dalam salah satu golongan familia Fabaceae. Tanaman balsam sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan juga Amerika Tengah. Tanaman ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu memiliki ketinggian yang sekitar 25 meter.

Batang tegaknya memiliki bagian kulit yang cukup halus. helaian daunnya berukuran normal dengan bentuk lanset dan ujung yang runcing. Dan kedua bagian permukaan dari daunnya memiliki tekstur yang halus, licin dan mengkilap. Bunga majemuknya tersusun dari gerombolan bunga tunggal yang berkumpul pada satu tandan panjang yang keluar dari ujung batang.

Bunganya sendiri memiliki warna yang putih dan putik yang berwarna kuning dengan aroma yang wangi. Buahnya termasuk ke dalam jenis polongan menggelendot keluar dari ketiak daun serta memiliki warna yang hijau. Tanaman ini sring digunakan sebagai penguat rasa pada makanan dan minuman, juga dapat dijadikan sebagai pewangi dalam sebuah farfum, serta bermanfaat dalam ilmu pengobatan.

Obat Bekas Luka dari Balsam

Tanaman balsam ini kerap digunakan untuk membantu mengatasi beberapa keluhan penyakit. Tanaman ini memang memiliki keharuman yang manis dan cukup diminati pula oleh banyak orang. Untuk fungsi tanaman balsam dalam ilmu pengobatan bagaian dari tanaman tersebut yang dapat digunakan adalah getah dan juga daun blasem. Sedangkan bunganya kedap kali digunakan sebagai bahan campuran minyak wangi (parfum).

Uraian manfaat dari tanaman balsam untuk kesehatan tubuh ialah :

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka pada bagian kulit luar tubuh, dengan cara meneteskan getah pada bagian luka tersebut
  2. Membantu meningkatkan produksi urine sebagai upaya pengeluaran racun di dalam tubuh
  3. Membantu mengobati saluran nafas yang membengkak
  4. Membantu membasmi cacing pada bagian usus
  5. Membantu meringankan gejala penyakit bronkhitis
  6. Membantu menghaluskan bibir yang pecah-pecah
  7. Membantu mengatasi dan meringankan gejala wasir/ambeien, serta
  8. Membantu meringankan efek samping dari pengobatan kanker.
  9. Mempercepat mengeringkan luka bakar

Pada dasarnya pemakaian tanaman ini untuk pengobatan herbal cukup aman, apalagi hanya digunakan untuk bagian luar tubuh saja.  Namun pada beberapa kasus, untuk kulit yang memiliki esentisitas kepekaan yang cukup baik, tanaman balsam ini akan menyebabkan alergi pada kulit tersebut dan bahkan bisa pula menyebabkan gangguan fungsi ginjal, untuk seseorang yang memang benar-benar memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap amsuknya benda-benda asing terhadap tubuh.

Sumber: http://www.bekasluka.infokitasemua.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.